NAMA PERUSAHAAN
Counto
JUMLAH KARYAWAN
11 - 50 Karyawan
BIDANG USAHA
CFO Virtual dan Akuntansi
Pembelajaran
- Sebagai sebuah perusahaan jasa akuntansi, Counto diintegrasikan dengan infrastruktur pembayaran Spenmo yang canggih untuk mengotomatiskan proses pembayaran klien perusahaan.
- Memanfaatkan sistem manajemen biaya seperti Spenmo untuk pembayaran tagihan membantu memangkas waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk memproses invoice.
- Memproses tumpukan invoice tak pernah semudah menggunakan Spenmo, berkat transaksi cepat serta biaya transfer lokal dan luar negeri yang murah.
- Kartu Cerdas dari Spenmo jadi nilai tambah bagi para klien karena mereka mendapatkan kartu korporat virtual maupun fisik dalam jumlah tak terbatas.
- Mengintegrasikan penggunaan Spenmo ke dalam alur pembayaran klien, sehingga meningkatkan hubungan baik dan ikatan dengan klien mereka.
Tantangan
Counto adalah penyedia sistem akuntansi dengan asistensi manusia dan diperkuat dengan kecerdasan buatan. Perusahaan ini mengkhususkan bisnisnya pada virtual CFO, akuntansi, dan layanan pembayaran di Singapura. Counto memanfaatkan teknologi untuk menekan biaya akuntansi dan meniadakan proses manual untuk startup maupun UMKM.
Masalah utama: Proses pembayaran manual butuh biaya besar, risiko tinggi terjadi kesalahan, dan menelan banyak waktu bagi para klien yang terbiasa berurusan dengan tagihan bertumpuk.
Sistem pembayaran tagihan Counto yang disederhanakan (juga dikenal dengan nama CountoPay) bertujuan memberikan pengalaman memproses tagihan bertumpuk tanpa kendala. Tujuan akhirnya adalah untuk mengotomatiskan seluruh alur pembayaran utang, memproses pembayaran dan mencocokkan tagihan dengan akuntansi dan bank data.
Namun, para klien Counto masih kesulitan dengan proses pembayaran manual, di mana mereka harus melakukan login ke sejumlah aplikasi perbankan online dan paltform pembayaran atau malah pergi ke bank langsung untuk mengurus pembayaran.
Lebih dari itu, proses yang sudah ketinggalan zaman ini menyebabkan urusan keuangan pribadi maupun bisnis klien Counto saling tumpang tindih. Bukan hanya membuang banyak waktu, namun juga meningkatkan risiko kecurangan maupun kesalahan dalam pembayaran.
“Sebagian besar klien kami masih melakukan transaksi pembayaran manual dan membuang banyak waktu untuk login ke platform perbankan online untuk menyetujui atau memodifikasi besaran tagihan, sehingga kerap kali membuat kami melakukan pembayaran ulang apabila terjadi kesalahan,” ujar Ishi, selaku Managing Partner di Counto.
Dengan melakukan ekspansi jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan klien, jumlah pelanggan Counto terus bertambah, demikian pula dengan pekerjaan manual yang harus dilakukan.
Ishi, Managing Partner di Counto, menyadari bahwa tim akuntannya harus mengoperasikan banyak platform pembayaran untuk melakukan pekerjaan yang sama untuk klien yangh berbeda.
“Dengan daftar klien kami yang terus bertambah, proses cek silang ini menjadi tidak efisien dan tidak bisa dilanjutkan,”, kata Ishi.
Selain proses manual yang memakan waktu, mengurus pembayaran dalam jumlah besar menelan biaya yang cukup banyak pula. Setiap penagih memiliki preferensi metode pembayaran masing-masing dan setiap bank membebankan biaya transaksi yang berbeda-beda pula. Biaya transaksi memang terjangkau apabila dibayar satu per satu, namun beban biaya kian terasa berat apabila pembayaran dilakukan secara massal.
“Kami mencari solusi yang hemat biaya dan dapat memangkas alur pembayaran bagi para klien dan tim akuntan kami.”
Kebutuhan mendesak akan adanya integrasi pembayaran yang bebas kendala, Counto pun memilih Spenmo untuk mengoptimalkan alur pembayaran tagihan klien dengan cara sebagai berikut:
- Mempersingkat proses pembayaran tagihan dengan mengintegrasikan sistem pembayaran tagihan klien dengan API pembayaran Spenmo.
- Mengatur pembayaran tagihan yang banyak jumlahnya melalui cara yang hemat biaya
- Memanfaatkan tarif terendah Spenmo untuk pembayaran dalam dan luar negeri
- Memberikan nilai tambah bagi klien dengan cara memberikan mereka akses instan untuk menggunakan kartu cerdas korporat yang dapat diisi dana yang telah disepakati sebelumnya.
- Memberikan pemilik usaha kemampuan untuk mengurus dan mengendalikan pengeluaran karyawan mereka.
Solusi
Couto beralih ke Spenmo untuk mengotomatiskan pembayaran tagihan dari klien mereka lewat integrasi dengan API perangkat lunak kami. Hasilnya, waktu untuk menyelesaikan sebuah pembayaran tagihan bisa dipangkas menjadi hanya lima (5) menit saja, jauh lebih singkat ketimbang proses sebelumnya yang memakan waktu hingga 30 menit.
Tim juga dapat menginformasikan kepada klien mengenai status pembayaran, untuk memastikan bahwa pembayaran sudah diterima penagih. Kepuasan klien pun meningkat karena memperoleh pembaruan terkini soal status tagihan sekaligus automasi pembayaran.
“Dengan Spenmo, kami mengurangi jumlah aplikasi pembayaran yang kami gunakan, dari yang semula lebih dari 10 aplikasi, menjadi hanya satu. Sekarang, kami dapat memproses beberapa pembayaran tagihan dari klien dalam maupun luar negeri dengan tarif termurah.”
Klien Counto biasanya menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari tarif terbaik untuk mengakomodir persyaratan pengiriman uang mereka. Dengan Spenmo, Counto dan kliennya menikmati tarif terbaik pengiriman uang luar negeri untuk melakukan pembayaran tagihan, yakni FX markup sebesar 10% berdasarkan tarif Google.
Bukan hanya itu, tim Counto dapat melakukan login ke dashboard Spenmo klien mereka tanpa melanggar aturan keamanan maupun privasi. Ketika sudah berada di dalam platform, akuntan Counto bisa melihat, mengunduh, dan mencocokkan tanda terima serta tagihan di waktu bersamaan. Hal ini memungkinkan komunikasi yang singkat antara tim Counto dan klien mereka, sehingga meningkatkan hubungan dengan klien.
“Fitur login akuntan mudah dioperasikan. Tim saya tak lagi perlu mengakses beberapa rekening, sehingga memantau pengeluaran untuk banyak klien kini menjadi mudah.”
Di samping itu, Kartu Korporat Cerdas Spenmo jadi nilai tambah yang bagus sebagai benefit yang bisa diberikan Counto kepada kliennya. Dengan Kartu Cerdas Spenmo, klien Counto tak lagi perlu masuk ke beberapa platform atau menggunakan uang dari kantong sendiri untuk keperluan perusahaan. Para karyawan yang memiliki akses terhadap kartu korporat virtual dan fisik dipermudah untuk melakukan transaksi karena Kartu Cerdas Spenmo diterima oleh banyak merchant yang menerima pembayaran Mastercard di seluruh dunia.
“Bekerja di bidang jasa akuntansi amatlah sibuk. Spenmo membantu akuntan kami dengan mengotomatiskan pekerjaan berat mereka, memberikan kita lebih banyak waktu untuk memikirkan solusi-solusi keuangan yang lebih baik untuk para klien kami.”
Tujuan yang Tercapai
Proses pembayaran tagihan tak pernah secepat dan seefisien ini setelah Counto melakukan integrasi dengan infrastruktur pembayaran Spenmo. Pengelolaan pengeluaran untuk klien yang dipersingkat pun kian meningkatkan produktivitas tim.
Mengadopsi Spenmo tidak hanya membantu para klien Ishi untuk mengelola pembayaran bisnis mereka dengan lebih baik, tetapi juga meringankan beban kerja timnya. Lebih lagi, automasi pembayaran tagihan dan rendahnya tarif pengiriman uang berkontribusi pada penghematan yang cukup besar bagi tim Counto dan para kliennya. Ishi pun menceritakan soal Spenmo kepada lebih banyak kliennya.
Bagi Counto, Spenmo lebih dari sekedar platform pengelolaan pengeluaran. Spenmo adalah cara modern untuk mengelola keuangan bisnis.
“Automasi yang diberikan kepada klien kami berarti kemudahan pada sisi kami pula. Spenmo membuat hidup akuntan kami jauh lebih mudah.”
Glints
"Spenmo menawarkan visibilitas yang luas terhadap pengeluaran setiap anggota tim khususnya ketika bekerja jarak jauh sudah menjadi hal yang lazim"
-William
RevoU
Akademi Pelatihan Online
Kaliber
Konsultan Performance Marketing
Spenmo Menunjuk Kevin Fitzgerald sebagai Chief Revenue Officer
Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Spenmo baru saja menunjuk Kevin Fitzgerald sebagai Chief Revenue Officer pertama guna memperkuat jajaran eksekutif kami.
Akuntansi Akrual Adalah: Definisi, Contoh, dan Kelebihannya
Pelajari metode akuntansi akrual, dan bagaimana metode ini digunakan dalam bisnis Anda. Ketahui lebih banyak dengan mengunjungi blog kami.