SaaS & Teknologi

7 Manfaat Software Pembayaran Online Bagi Bisnis

Apa itu software pembayaran online? Dan apa manfaatnya bagi bisnis? Temukan jawabannya dalam artikel ini.


Pembayaran digital atau online kini bukanlah hal yang asing dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari e-banking, dompet digital atau e-wallet, sampai kartu e-money, semuanya sudah kerap digunakan masyarakat untuk bertransaksi. Tak hanya itu, pembayaran digital juga mulai lazim digunakan dalam transaksi bisnis melalui software pembayaran online.
 

Organisasi Better Than Cash Alliance yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjelaskan pembayaran digital atau pembayaran elektronik adalah proses transfer dari satu akun pembayaran ke akun lain melalui perangkat digital, seperti smartphone, komputer atau point of sales (POS), serta media komunikasi digital seperti layanan data nirkabel atau SWIFT (Society for the Worldwide Interbank Financial Telecommunication). Definisi ini juga meliputi transfer bank, uang elektronik, dan pembayaran dengan kartu, termasuk kartu kredit dan kartu debit.

Dengan pembayaran digital, maka kita tak perlu lagi bertransaksi dengan menggunakan uang fisik. Transaksi jual beli pun tak perlu dilakukan secara tatap muka, karena sistem pembayaran ini memungkinkan seseorang untuk mentransfer uangnya dari rekening pribadi ke rekening tujuan dari jarak ribuan kilometer sekali pun.

Di Indonesia, sistem pembayaran online dan digital semakin digalakkan oleh pemerintah selama beberapa tahun terakhir dengan mempromosikan transaksi cashless atau non-tunai. Tujuannya adalah untuk menghemat biaya dan mengefisiensikan pengelolaan ekonomi negara. Manfaat yang sama juga dapat dirasakan oleh pelaku bisnis dari penerapan sistem ini melalui bantuan software pembayaran online.

(Baca: Aplikasi Pembayaran Online: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Kelebihan)

Apa itu software pembayaran online?

Software pembayaran online adalah perangkat lunak atau program komputer yang dapat membantu kita melakukan transaksi pembayaran non-tunai hanya dengan bermodalkan jaringan Internet. Dalam kegiatan usaha, software ini sangat bermanfaat untuk membuat transaksi pembayaran bisnis menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien. 

Saat ini sudah banyak perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pembayaran digital dalam bentuk software as a service (SaaS) yang berbasis layanan komputasi awan (cloud computing). Kelebihannya, Anda tak perlu menanamkan program di server internal perusahaan seperti layaknya software komputer. Cukup membayar biaya langganan ke penyedia SaaS, Anda sudah bisa mengakses semua fitur pembayaran online yang disediakan dari perangkat elektronik apapun.

Software pembayaran digital merupakan solusi bagi bisnis untuk memproses pembayaran business-to-business (B2B) dengan lebih efisien. Platform ini biasanya juga terintegrasi dengan software pendukung lain, seperti software akuntansi, software manajemen pengeluaran, dan software otomasi account payable.

(Baca: Jenis dan Cara Pembayaran Online di Indonesia)

Manfaat software pembayaran online bagi perusahaan

Seperti kita tahu, saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan metode transfer bank atau pencairan cek dalam transaksi pembayaran bisnis. Metode manual seperti ini sangatlah tidak efektif dalam kegiatan usaha, karena memakan waktu, energi, dan biaya perusahaan.

Beberapa perusahaan memang sudah memanfaatkan teknologi Internet banking, tapi fasilitas ini pun memiliki sejumlah kekurangan untuk memfasilitasi transaksi bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda tetap harus menginput data rekening tujuan satu-persatu untuk mengeksekusi pembayaran tagihan. Transaksi yang sudah dilakukan juga tidak bisa langsung dipindahkan ke buku besar secara otomatis, sehingga ada pekerjaan manual lagi yang perlu dilakukan tim akuntansi di sini.

Masalah-masalah seperti inilah yang bisa diatasi dengan menggunakan software pembayaran online dari penyedia SaaS. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu-persatu manfaat software ini bagi bisnis.

1. Menyederhanakan sistem pembayaran bisnis

Manfaat utama dari software pembayaran adalah membuat sistem pembayaran perusahaan menjadi lebih sederhana, praktis, dan efisien. Anda tak perlu lagi datang langsung ke bank hanya untuk melakukan pembayaran bisnis atau transfer dana internasional. Dengan teknologi ini, pembayaran dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun hanya dengan klik di perangkat elektronik Anda.

Anda juga bisa membayar invoice dalam jumlah banyak sekaligus, tidak seperti transfer manual e-banking yang mengharuskan Anda menginput nomor rekening tujuan satu-persatu. Selain itu, jadwal pembayaran pun lebih mudah diatur karena software SaaS ini biasanya juga dilengkapi fitur reminder untuk pembayaran tagihan yang sudah mendekati tenggat.

2. Menghemat biaya

 

software-pembayaran-online-1536x871

Tahukah Anda bahwa proses pembayaran dalam bisnis, terutama yang dilakukan manual, mengandung biaya-biaya yang harus ditanggung perusahaan? Mulai dari biaya gaji, biaya fee transaksi, biaya peralatan pendukung, sampai biaya tukar mata uang untuk transfer internasional. Semua biaya ini bisa Anda hemat dengan mengotomasi sistem pembayaran. 

Sebagai contoh, Spenmo, salah satu layanan SaaS untuk manajemen pengeluaran hanya menetapkan biaya flat Rp50.000 untuk setiap transfer dana internasional tanpa tambahan biaya lain. Biaya ini tentu jauh lebih murah jika dibandingkan biaya yang ditetapkan oleh bank, di mana Anda juga perlu membayar biaya transaksi untuk kurs mata uang asing. Belum lagi biaya admin bank dan biaya transportasi yang perlu dikeluarkan untuk datang ke bank langsung.

Otomatisasi pembayaran Anda dengan Spenmo

3. Lebih aman

Melakukan pembayaran bisnis melalui software pembayaran online juga lebih aman, karena penyedia layanan haruslah menyediakan tingkat keamanan yang sesuai dengan standar regulasi terkait. 

Selain itu, pelaku bisnis juga bisa menambahkan keamanan ekstra dengan menyematkan kata sandi atau password untuk tiap transaksi pembayaran. Dengan begitu hanya karyawan yang memiliki otoritas lah yang bisa mengeksekusi pembayaran untuk transaksi tertentu.

4. Lebih transparan

Dengan menggunakan software pembayaran, maka seluruh transaksi arus keluar pun dapat dengan mudah dimonitor dan dilacak penggunaannya. Sebab, software pembayaran digital umumnya dilengkapi juga dengan dashboard transaksi yang memperlihatkan semua transaksi pembayaran yang dilakukan melalui platform tersebut. Hal ini akan memudahkan pemilik usaha dalam menganalisis pengeluaran bisnis, apakah sudah efisien atau belum dan juga menyusun rencana anggaran di masa depan.

Karena transparan dan mudah dipantau, maka aksi kecurangan atau fraud juga akan mudah terdeteksi. Pemilik bisnis maupun tim audit akan mudah menemukan transaksi pembayaran yang mencurigakan dan dapat segera mengambil tindakan untuk meminimalisir kerugian finansial.

5. Lebih akurat

Semua transaksi pembayaran tentunya harus dicatat dalam buku besar untuk proses rekonsiliasi di akhir bulan. Apabila dilakukan secara manual, proses ini bisa sangat menyita waktu dan energi sehingga risiko terjadi kekeliruan akibat human error pun cukup besar. Padahal laporan keuangan haruslah disusun dengan sangat cermat dan akurat untuk menunjukkan kondisi finansial perusahaan yang sebenarnya.

Risiko ini bisa dihindari dengan memanfaatkan platform pembayaran. Proses rekonsiliasi dan penyusunan laporan keuangan menjadi lebih akurat karena semua transaksi tercatat dan tersimpan dalam bentuk digital. 

Kesalahan pembayaran pun bisa dihindari karena software pembayaran juga memiliki teknologi pindai otomatis dan optical character recognition (OCR) yang dapat menarik data langsung dari dokumen invoice fisik. Jadi tim finance tidak perlu lagi memasukkan data secara manual dan berisiko salah input.

6. Dana sampai lebih cepat

Proses pembayaran pastilah membutuhkan waktu, baik itu transfer dana lewat bank maupun lewat cek. Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk dana sampai di rekening tujuan adalah mulai dari hari yang sama sampai lima hari kerja. Terutama untuk pembayaran internasional dengan wire transfer, prosesnya akan cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan pembayaran lokal.

Bagi Anda yang sering melakukan transaksi pembayaran ke luar negeri, software pembayaran online merupakan solusi yang tepat. Spenmo misalnya, dapat mengeksekusi pembayaran lokal dan internasional secara instan, dan dana yang Anda transfer dapat diterima di rekening tujuan pada saat itu juga. Dengan pembayaran yang cepat, otomatis vendor dan supplier pun akan merasa puas bekerja sama dengan perusahaan Anda dalam jangka panjang.

7. Mempermudah pembukuan

Software pembayaran digital yang baik haruslah mudah diintegrasikan dengan software lain, terutama software akuntansi perusahaan. Tujuannya, agar tim akuntansi tidak perlu lagi mencatat transaksi pembayaran secara manual di buku besar. 

Ketika Anda menggunakan platform pembayaran online, tiap transaksi pembayaran akan otomatis tercatat dalam software akuntansi perusahaan secara real time. Dengan begitu pembukuan pun menjadi lebih akurat dan proses rekonsiliasi dapat dengan mudah dilakukan setiap akan tutup buku.

(Baca: 5 Cara Pembayaran Internasional untuk Transaksi Bisnis)

Kesimpulan

Menggunakan software pembayaran online memberikan banyak manfaat dalam pengelolaan pengeluaran bisnis. Layanan ini juga bisa membantu Anda menyusun strategi anggaran dan merencanakan budgeting dengan lebih akurat, sehingga roda bisnis pun bisa berputar dengan lancar sesuai dengan target Anda.

Similar posts

Stay up to date with Spenmo

Sign up to get the latest news, updates, and special offers delivered directly to your mailbox