Surat elektronik alias email mungkin sudah kalah populer dibanding aplikasi pesan instan dalam hal komunikasi individu via media elektronik. Tapi fungsinya sebagai sarana pemasaran secara digital atau digital marketing masih bertahan, tak terkecuali di Indonesia. Masih ada sejumlah penyedia jasa software email marketing Indonesia yang bisa membantu pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya.
Apa Itu Software Email Marketing
Ketika mendirikan usaha, kegiatan yang dilakukan tidak sebatas memproduksi atau menjual barang atau jasa. Agar bisa menumbuhkan merek hingga mencatatkan penjualan dan berujung pada laba, pemilik usaha mesti memiliki strategi pemasaran. Salah satu caranya adalah menggunakan software email marketing. Indonesia tercatat masih mengandalkan strategi marketing ini menurut laporan “Insight Email Marketing di Indonesia Berdasarkan Industri” pada 2020.
Seperti tersurat dari namanya, email marketing adalah metode pemasaran yang memanfaatkan email. Namun dalam praktiknya, pengusaha tak sekadar mengirim surat biasa berisi penawaran produk/jasa yang dimiliki usahanya. Ada teknik-teknik tertentu yang membuat email marketing ampuh sebagai sarana untuk mencetak penjualan dan keuntungan.
Teknik ini antara lain difasilitasi oleh keberadaan software email marketing. Aplikasi atau perangkat lunak ini menyediakan jasa pemasaran via email yang relevan dengan memanfaatkan teknologi sesuai kebutuhan usaha. Software email marketing memberikan solusi bagi pengusaha dan pemasar untuk merencanakan, mengeksekusi, dan memonitor kampanye pemasaran via email.
Ditinjau dari sisi sejarah, email marketing disebut-sebut pertama kali dipraktikkan pada 1978 oleh seorang manajer pemasaran perusahaan komputer Digital Equipment Corp di Amerika Serikat. Manajer bernama Gary Thuerk itu mengirim email langsung kepada 400 alamat email di kontaknya. Dalam email, Thuerk menyampaikan iklan komersial mengenai produk terbaru perusahaannya. Tak disangka, pengiriman email itu menghasilkan penjualan senilai US$ 13 juta.
Memasuki 1990-an, ketika Internet makin merajalela dan penggunaan perangkat komputer makin masif, para pemasar mendapati bahwa email marketing adalah cara efektif untuk beriklan. Fenomena ini membuahkan kehadiran software email marketing yang membuat pemasaran via email bisa lebih efektif dan efisien. Sayangnya, belum ada laporan mengenai siapa yang pertama kali menggunakan software email marketing Indonesia.
Software email marketing memiliki beragam fitur atau tools yang secara spesifik ditujukan untuk memudahkan pemasaran lewat email. Misalnya, pengguna bisa membuat dan mengirim email secara otomatis ke banyak alamat sekaligus. Selain itu, ada data statistik yang menjelaskan hasil email marketing untuk dijadikan bahan evaluasi strategi pemasaran dan mengukur keberhasilan strategi yang dijalankan.
(Baca: 10 Software Marketing yang Penting untuk Perkembangan Bisnis)
Kegunaan Software Email Marketing
Software email marketing Indonesia ataupun mancanegara memiliki kegunaan yang serupa. Fungsi software ini lebih dari sekadar mempermudah pengajuan penawaran via email guna mengembangkan usaha. Software email dapat digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan, menjaga calon pelanggan potensial, meningkatkan penjualan langsung, hingga menumbuhkan kesadaran publik terhadap merek suatu usaha.
Berikut ini sejumlah contoh kegunaan software email marketing terkait dengan pengembangan bisnis:
Membuat konten yang sesuai
Pengusaha dapat membuat konten yang disesuaikan dengan target pemasaran suatu produk. Misalnya ada produk baru dengan target pria berusia 20-35 tahun yang tinggal di kota besar. Software email marketing dapat memilihkan target itu dan membuat konten atau isi email yang sesuai dengan karakteristik audiens yang ditargetkan. Jika menggunakan software email marketing Indonesia, penyesuaian ini akan lebih akurat karena software yang disediakan telah disesuaikan dengan target pasar di Indonesia.
Mengumpulkan masukan dan survei
Mengetahui pengalaman pelanggan sangatlah penting bila ingin pelanggan itu terus berinteraksi, terlibat, dan membeli produk yang ditawarkan. Pengalaman itu bisa didapatkan lewat email yang meminta masukan atau survei kepuasan pelanggan dengan memanfaatkan software email marketing.
Menghasilkan trafik ke situs
Bagi usaha yang memiliki situs atau lapak online, pengiriman email marketing akan memperbesar peluang kunjungan atau trafik ke situs atau lapak tersebut. Walhasil, kesadaran masyarakat terhadap brand yang ditawarkan meningkat. Potensi penjualan pun bertambah terutama melalui online.
Meningkatkan lead
Pemasaran antara lain bertujuan mempengaruhi orang dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Orang yang terpengaruh itu disebut lead. Bila memakai software email marketing, ada peluang meningkatkan lead lewat strategi pemasaran yang tepat. Pengusaha bisa melihat apakah orang yang dikirimi email membuka email itu dan mengeklik link promosi yang disertakan. Bila iya, tim pemasar tinggal menindaklanjuti dengan memberikan penawaran karena orang tersebut sudah menjadi lead yang potensial dijadikan pelanggan.
Menganalisis keberhasilan strategi pemasaran
Aplikasi marketing email menyediakan berbagai data metrik mengenai dampak pemanfaatan email marketing. Pengguna software bisa melihat berapa orang yang membuka email, mengeklik link promosi, hingga melakukan pembelian langsung setelah menerima email. Data ini bisa dipakai untuk analisis dan evaluasi strategi pemasaran.
Photo by: Mohamed Hassan
(Baca: 6 Tools dan Software Facebook Marketing Gratis untuk UKM)
Kelebihan Software Email Marketing
Pada dasarnya, software email marketing berperan layaknya penyedia layanan email konvensional. Tapi aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi otomatisasi dan fitur khusus sehingga mempunyai sederet kelebihan yang tak dipunyai email konvensional.
Misalnya, bila memakai email konvensional, akan banyak waktu, tenaga, dan biaya yang mesti disiapkan untuk menyiapkan daftar penerima email, memisahkannya ke segmen-segmen yang ditargetkan, mengirim email dengan konten yang disesuaikan, hingga membuat laporan hasil pemasaran. Hal ini tak dijumpai jika memakai software email marketing.
Berikut ini rincian kelebihan software email marketing:
Otomatisasi email
Andai harus mengirim 1.000 email pemasaran secara sekaligus, tak terbayang berapa banyak waktu, energi, dan biaya yang dibutuhkan untuk melakukannya secara manual. Jika memakai software, pengguna tinggal menyesuaikan pesan, lalu software itu yang bekerja dari menyortir penerima, menjadwalkan pengiriman, hingga memberikan laporan. Semua berjalan secara otomatis.
Lebih tepat sasaran
Pemasaran via email yang memanfaatkan software marketing bisa membuat kampanye lebih tepat sasaran dibandingkan dengan iklan lewat media tradisional seperti media cetak, televisi, atau radio. Selain itu, pengusaha dapat membangun milis berisi pelanggan yang telah tersegmentasi dan teridentifikasi sehingga memudahkan penyesuaian konten pemasaran dengan target yang disasar.
Laporan data lebih akurat
Software email marketing dapat memberikan data metrik yang lebih akurat tentang hasil kampanye pemasaran via email. Misalnya open rate atau rasio orang yang membuka email yang dikirim dan click-through rate atau rasio orang yang membuka email dan mengeklik link di dalamnya. Bila memakai metode email konvensional, data ini tak dapat dilihat.
Tingkat pengembalian investasi lebih terukur
Karena data metrik lebih akurat, tingkat pengembalian investasi atau ROI dari kampanye pemasaran pun bisa lebih terukur. Pengguna bisa melacak metrik setiap kampanye secara detail dengan angka persentase yang bisa segera didapatkan tanpa perlu menghitung secara manual.
Promosi lintas saluran
Banyak software email marketing yang bisa diintegrasikan dengan halaman media sosial usaha yang dijalankan. Dengan adanya hubungan ini, pengusaha bisa melakukan promosi lintas saluran. Misalnya dengan membuat kampanye diskon harga bagi penerima email yang mengeklik link akun Instagram dan follow akun itu.
Satu kelebihan lain yang secara spesifik dimiliki software email marketing Indonesia adalah penggunaan bahasa Indonesia dalam layanan. Hal ini terutama penting bagi pengusaha atau pemasar yang tidak fasih menguasai bahasa Inggris. Jika memakai bahasa Indonesia, pengguna software akan lebih mudah memahami tools dan laporan yang dihasilkan dari kampanye pemasaran.
Cara Berlangganan Software Email Marketing
Software email marketing umumnya tersedia lewat mekanisme berlangganan. Memang, ada penyedia software yang gratis. Tapi tools yang ditawarkan sangat terbatas sehingga sangat mungkin tidak mendatangkan hasil yang diharapkan. Begitu juga software email marketing Indonesia.
Untuk berlangganan, Anda tinggal mengakses situs penyedia software itu. Di sana akan diinformasikan paket berlangganan dengan fitur masing-masing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun cara pembayarannya bermacam-macam.
Untuk memudahkan pembayaran, Anda bisa menggunakan layanan corporate card Spenmo. Dengan corporate card ini, Anda dapat melakukan pembayaran dengan aman dan terjadwal sehingga langganan terus berlangsung dan berbagai kelebihan software email marketing itu terus dapat dinikmati. Anda dapat memakai corporate card Spenmo untuk berlangganan software email marketing Indonesia ataupun mancanegara.
